Aturan Terbaru Sepak Bola

Aturan Terbaru dalam Sepak Bola. Sebagai olahraga paling populer di dunia, terus mengalami evolusi aturan untuk meningkatkan fair play dan keamanan pemain. Berikut adalah beberapa aturan terbaru dalam sepak bola yang perlu Anda ketahui:

1. Gugur untuk Kepala Wasit: Aturan Sepak Bola

  • Sejak 1 Juni 2022, aturan baru menyatakan bahwa pemain yang menyikut atau meludahi kepala wasit dapat dikeluarkan langsung dari lapangan tanpa peringatan. Langkah ini diambil untuk meningkatkan penghormatan terhadap wasit.

2. Pemain Pengganti yang Terluka: Aturan Sepak Bola

  • Aturan baru memungkinkan pemain yang cedera akibat pelanggaran lawan dapat digantikan tanpa mengurangi jumlah pemain pengganti yang tersedia. Ini memberikan keadilan bagi tim yang menjadi korban pelanggaran kasar.

3. Tendangan Penalti:

  • Kiper sekarang dilarang menyentuh tiang gawang, mistar gawang, atau benda lain saat seorang pemain melakukan tendangan penalti. Larangan ini bertujuan menghindari kecurangan dan memberikan peluang lebih besar kepada penendang penalti.

4. Tendangan Penalti yang Dibatalkan:

  • Jika kiper melanggar aturan selama eksekusi tendangan penalti dan bola masuk ke gawang, gol tersebut tetap dihitung, dan kiper akan mendapatkan peringatan kuning. Namun, jika bola tidak masuk, tendangan penalti diulang.

5. Pergantian Pemain Kiper Selama Ekstra Time:

  • Dalam pertandingan yang memasuki waktu tambahan, aturan memungkinkan tim untuk melakukan satu pergantian pemain kiper tambahan, meskipun telah menggunakan semua pergantian pemain yang diizinkan.

6. Kartu Merah untuk Pelatih:

  • Pelatih atau staf teknis dapat mendapatkan kartu merah langsung jika mereka melakukan pelanggaran serius atau tindakan tidak sportif di pinggir lapangan. Ini mencerminkan upaya untuk mempertahankan etika di area teknis.

7. Pengecualian Offside untuk Pemain yang Cedera:

  • Jika seorang pemain cedera dan tidak dapat meninggalkan lapangan segera, dia tidak akan dianggap offside selama berada di lapangan. Ini memberikan pertolongan bagi pemain yang mungkin terjebak dalam situasi offside karena cedera.

8. VAR dalam Situasi Offside:

  • VAR (Video Assistant Referee) kini dapat digunakan untuk memeriksa keputusan wasit terkait offside. Ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan keadilan dalam menentukan apakah seorang pemain offside atau tidak.

9. Tangan dalam Posisi Alami:

  • Aturan lebih mengklarifikasi definisi tangan dalam posisi alami. Jika bola mengenai tangan pemain yang ditempatkan di luar batas tubuh alami mereka dan menghasilkan gol, itu akan dinyatakan sebagai pelanggaran.

Menyimak dan memahami aturan terbaru dalam sepak bola penting untuk pemain, pelatih, dan penggemar. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan integritas permainan dan menciptakan lingkungan yang lebih adil dan aman.